Tips Bertemu Calon Mertua


Calon mertua ingin bertemu dengan anda? jangan risau dan gelisah, karena disini kita akan bahas beberapa tips bertemu calon mertua. Apalagi jika ini adalah kunjungan pertama anda ke rumah calon mertua. Anda bisa bertemu dengan calon mertua pada momen idul fitri atau pada hari-hari libur lainnya. Fokus pembahasan kita adalah agar kunjungan anda meninggalkan kesan yang baik.

Rileks.... jangan gelisah memikirkan kalimat apa yang harus diucapkan, atau tema pembicaraan apa yang sesuai, bahkan sampai sibuk mempersiapkan kostum yang mahal dan mewah. Anda tidak perlu berlebihan dalam menyikapi ini. Oke tidak usah terlalu panjang lebar basa-basinya, saya tahu anda sudah tidak sabar untuk mengetahui tips bertemu calon mertua berikut ini.


1. Perhatikan waktu yang tepat

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memilih waktu yang tepat. Setiap keluarga biasanya memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Tanya pada pasangan Anda kapan waktu yang terbaik untuk berkunjung. Pilih waktu dimana keadaan rumahnya tidak terlalu ramai sehingga Anda memiliki waktu untuk berbincang-bincang lebih santai. Jika memilih berkunjung di malam hari, pastikan calon mertua Anda tidak terlalu lelah untuk menerima tamu setelah beraktivitas seharian.

2. Membawa buah tangan

Jangan datang dengan tangan kosong. Bawalah buah tangan untuk menunjukkan perhatian Anda. Tidak perlu yang berharga mahal asal sesuai dengan kesukaan dan kebutuhan calon mertua Anda ketika itu. Tanyakan pada pasangan benda apa yang tepat sebagai buah tangan. Makanan kesukaan atau sehelai selendang baru bisa menjadi hadiah yang tepat untuk menarik hati sang calon mertua.

3. Kenakan pakaian yang sopan

Masih dalam momen lebaran, jadi sebaiknya pilihlah pakaian yang sopan. Pakaian dengan tangan panjang atau 3/4 bisa jadi pilihan yang tepat dipadu dengan celana panjang. Pilih warna-warna netral yang tidak mencolok. Jika anda muslimah tambahkan kerudung untuk melengkapi penampilan Anda.

4. Be your self

Menjaga sikap, bukan berarti Anda sok jaga image. Karena takut beliau tahu karakter Anda yang sesungguhnya, Anda lantas sangat berhati-hati dalam bersikap. Ini yang justru memperlihatkan Anda takut menampilkan diri Anda yang sesungguhnya. Namun, menjadi diri sendiri juga harus diartikan bahwa Anda menginginkan perubahan ke arah yang positif. Nah, jika Anda rasa masih memiliki sifat yang kurang baik, kini saatnya Anda mencoba untuk memperbaikinya.

5. Tema Obrolan

Waduh ini nih momen inti yang harus benar-benar anda perhatikan. Bahan obrolan apa yang harus anda bicarakan? pada dasarnya semua akan mengalir mengikuti keadaan. Berikut ini saya uraikan lagi agar lebih jelas.

a. Gunakan tutur kata yang sopan.

Namun, bukan berarti Anda harus menggunakan bahasa yang formal dengan muka mimik yang tegang atau sampai menggunakan naskah (wkwkwk kaya mau pidato aja). Agar dapat mencairkan suasana, tidak ada salahnya jika sesekali Anda melemparkan lelucon.

b. Jujur.

Jawablah dengan jujur semua pertanyaan dari calon mertua. Tidak ada manusia yang sempurna. Tunjukkan pada mereka kelebihan Anda meski Anda memiliki kekurangan. Satu hal yang harus Anda ingat, janganlah sekali-kali Anda berbohong untuk menutupi kekurangan Anda. Karena sekali Anda berbohong, Anda akan melakukannya terus menerus untuk menutupi setiap kebohongan yang Anda buat. Dan kebohongan bisa membahayakan jika hubungan Anda dan pasangan berlanjut ke pelaminan

c. Perkaya “isi” kepala anda.

Jangan sampai Anda cuma bisa bengong ketika calon mertua Anda bertanya tentang hal-hal yang terjadi di sekitar Anda. Mungkin juga yang berkaitan dengan masalah agama. Oleh sebab itu, mulailah belajar untuk memperdalam ilmu agama. Karena pada dasarnya, hampir semua orang tua, berharap anak-anak mereka mendapatkan pasangan yang terbaik.

6.Berbaur

Momen ini merupakan saatnya Anda menunjukkan diri. Jangan hanya terfokus pada sang kekasih ketika berkunjung ke rumahnya. Habiskan waktu dengan anggota keluarga lain jika memungkinkan. Gunakan waktu kunjungan Anda untuk saling mengenal baik dengan calon mertua maupun dengan anggota keluarga lainnya. Satu hal yang perlu diperhatikan, jangan mengumbar kemesraan dengan pacar di depan calon mertua. Terakhir, jika ingin mencicipi makanan dan minuman, pastikan Anda telah dipersilahkan oleh sang pemilik rumah.

Sekian dulu untuk pembahasan tips bertemu calon mertua. Semoga anda sudah mengerti konsep utama yang ingin saya sampaikan. Sesuaikan semua tips-tips diatas dengan kondisi saat itu. Jangan lupa untuk berdoa bila segala ikhtiar sudah Anda lakukan. Bila niat Anda tulus, dan dia adalah individu shalih/ shalihah yang Anda yakin bisa membawa Anda pada kebahagiaan dunia dan akhirat, yakinlah bahwa Allah akan menolong Anda.

Jadi, sekarang anda sudah siap untuk bertemu calon mertua? Just do it... jadilah calon menantu yang memiliki keyakinan tinggi. hehehehe

Artikel Terkait

Tips Bertemu Calon Mertua
4/ 5
Oleh