6 Prinsip Mencintai Pasangan Anda

Menjaga cinta yang sudah ada tidaklah semudah mendapatkan cinta. Karena ada beberapa faktor lain daripada mendapatkan cinta. Menjaga cinta memang terkesan berat. Cinta itu ibarat tanaman. Untuk bertumbuh dan berkembang perlu perawatan yang baik.Sementara itu cinta membutuhkan lebih banyak hal lagi daripada tanaman. Saya mencatat paling tidak ada 6 prinsip atau sikap yang bisa menyuburkan cinta diantara pasangan suami-istri.Berikut ini adalah 6 prinsip mencintai pasangan anda

1. Cintai pasangan anda secara verbally (dengan kata-kata)

Banyak pasangan yang setelah menikah lebih dari 2 tahun, tidak pernah lagi mengucapkan kata-kata yang bernada cinta. Yang sering keluar justru kata-kata bentakan, makian dan kritikan. Hal ini sangat menghambat pertumbuhan cinta. Ini sama saja memberi tanamam racun dan bukan pupuk! 

Kata-kata seperti : “aku sayang kamu, I love You” atau kata pujian “kamu memang hebat”, ibarat pupuk yang menyuburkan cinta kasih diantara pasangan. Penelitian menunjukkan kata-kata yang penuh kasih dan membangun memiliki pengaruh positif terhadap tubuh dan jiwa manusia. 

Sebagaimana kita ketahui, tubuh manusia hampir 80% berisi air begitu pula mahluk lainnya. Kata-kata memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap zat cair, sebagaimana hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Masaru Emoto dalam bukunya The True Power of Water (2007). 

Hasil penelitian mengatakan bahwa kata-kata berpengaruh terhadap struktur pori-pori air. Jika kata-kata yang diberikan adalah kata-kata pujian maka struktur air itu akan tersusun menjadi seperti berlian yang sangat indah sedangkan jika kata-kata yang diberikan untuk menstimulasi air itu kata-kata celaan maka struktur air akan tersusun menjadi seperti berlian yang sangat jelek bentuk dan cahayanya. 

Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan oleh Tompkinn dan Bird terhadap tumbuh-tumbuhan dalam bukunya yang berjudul “Secret Life of The Plant” (2004) juga mengatakan bahwa kata-kata berpengaruh terhadap arah gerak dan tumbuh kembang tumbuh-tumbuhan. 

Berdasarkan keterangan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kata-kata mempengaruhi kosmos (alam semesta) 

2. Cintai pasangan anda secara phisycally (fisik)

Manusia itu juga mahkluk fisik (memiliki tubuh jasmani).Nah, untuk menyuburkan cinta kasih diantara pasangan, maka harus sering dilakukan kontak fisik antara suami dan istri. Kontak fisik itu bisa berupa, sentuhan, belaian, ciuman ringan dsb. 

Sebuah penelitian yang dilakukan di Chicago menyatakan, pasangan yang secara teratur dan spontan saling memberi kasih sayang non-seksual, seperti pelukan, akan merasa lebih puas dengan hubungan mereka. Oksitosin dilepaskan dari otak Anda yang nantinya memunculkan perasaan bahagia dan tidak stres. Nah, perasaan inilah yang akan memberi manfaat positif terhadap hubungan. 

3.Cintai pasangan anda patiently (dengan kesabaran)

Kesabaran adalah kunci untuk mempertahankan keharmonisan rumah tangga.Suami istri tentu berasal dari latar belakang yang berbeda. Nah untuk menjaga agar hubungan tetap harmonis maka dibutuhkan kesabaran dari ke duanya. Sabar dalam hal apa saja ? 

(a) Dalam kebiasaan buruk 

Masing-masing kita memiliki kebiasaan buruk. Ada yang suka ngorok kalau tidur ; ada yang nggak sikat gigi kalau mau tidur ; ada yang langsung makan begitu bangun.dsb. Nah, kita harus bisa mengasihi pasangan kita dengan sabar termasuk di dalamnya bersabar dengan kebiasaan buruknya. 

(b) Dalam pengaturan waktu 

Ada orang yang suka pakai jam karet, jadi nggak pernah tepat waktu. Nah, kalau pasangan kita seperti itu, kita juga harus sabar menerima semua itu dengan lapang dada, sambil perlahan-lahan mendiskusikannya agar bisa berubah. 

(c) Dalam pengaturan uang 

Masing-masing orang memiliki cara tersendiri dalam mengelola uang. Nah, kalau kebetulan pasangan kita kurang pandai mengatur uang kita harus bersabar, sambil terus melakukan dialog untuk pemecahannya. 

4.Cintai pasangan anda dengan penuh perhatian (attentively) 


Semua manusia butuh perhatian. Semua manusia suka perhatian. Nah, kalau anda mengaku mencintai pasangan anda, maka anda harus penuh perhatian terhadapnya.Beberapa contoh sederhana : 

(a) Bersedia menemani saat belanja

Bagi seorang istri, ditemani suami saat belanja sudah merupakan bentuk perhatian yang luar biasa. Kenapa demikian ? Sebab istri tahu suami sebenarnya tidak suka muter-muter belanja. Jadi dengan menemani istri sebenarnya si suami sudah “mengorbankan dirinya”. 

(b) Bersedia mendengar keluh kesahnya 

Hal ini bisa dilakukan baik oleh istri maupun suami. Semua orang ingin didengar keluh kesahnya. Masalahnya, hanya sedikit orang yang memiliki kemampuan berempati untuk mendengar keluh kesah orang lain. 

(c) Bersedia menemani saat sakit 

Suami akan sangat terhibur dan merasa sangat dikasihi kalau saat sakit sang istri menunggui dan memijitinya dengan penuh kasih. Demikian juga sebaliknya. 

5.Cintai pasangan anda dengan murah hati (generously) 


Murah hati disini artinya suka memberi kepada pasangan anda. Memberikan sikap murah hati dapat dilakukang dengan berbagai cara. Misalnya : 

(a) Memberi hadiah 

Berilah hadiah ketika pasangan anda sedang ulang tahun atau pada hari pernikahan anda. Berilah hadiah kejutan sekali-sekali sehingga hal itu menjadi surprise bagi pasangan anda. Hal ini akan membuatnya merasa sangat diperhatikan! 

(b) Memberi pujian 

Jangan pelit memberi pujian. Pujian itu ibarat vitamin bagi jiwa. Semakin sering anda memberi pujian pasangan anda, semakin besar cinta pasangan anda kepada anda! 

(c) Memberi maaf 

Memberi maaf melanggengkan pernikahan. Manusia gudangnya salah, maka kita harus “royal” dalam memberi maaf! 

6. Cintai pasangan anda dengan penuh rasa hormat (honorably ) 


Manusia butuh dihormati dan senang dihormati. Bagaimana menunjukkan rasa horma kepada pasangan yang anda cintai? berikut ini adalah salah satu dari sekian banyak contoh yang bisa anda lakukan. 

(a) Hormati dengan perkataan anda 

Kita menghormati pasangan kita dengan tidak mengeluarkan kata-kata yang merendahkan dirinya seperti : goblok, bego, kampungan dsb. 

(b) Hormati dengan tindakan anda 

Kita menghormati pasangan kita dengan berlaku santun dan lembut kepadanya dalam situasi apapun. Sekalipun marah, kita tidak pernah membentak apalagi menamparnya. Kalau ke enam prinsip di atas kita terapkan dalam hubungan kita dengan pasangan kita, hubungan rumah tangga kita akan harmonis dan bahagia. Semoga!

6 Prinsip Mencintai Pasangan Anda - sumber


grup telegram mencari jodoh cepat dan tepat

Artikel Terkait

6 Prinsip Mencintai Pasangan Anda
4/ 5
Oleh