Kapal Selam Siluman Rusia Susupi Laut AS Tampa Terdeteksi

Sebuah situs konservatif Amerika Serikat mengungkap bahwa sebuah kapal selam nuklir Rusia telah berpatroli selama hampir dari satu bulan di dekat perairan Amerika Serikat, tanpa sepengetahuan Amerika Serikat.

Akula Class - Kapal Selam Tenaga Nuklir Russia
Akula Class - Kapal Selam Tenaga Nuklir Russia

Sebuah kapal selam bertenaga nuklir Rusia tipe Akula yang dipersenjatai rudal jelajah jarak jauh beroperasi di Teluk Meksiko selama beberapa minggu dan aktivitasnya di perairan strategis AS baru terkonfirmasikan setelah kapal selam tersebut meninggalkan kawasan itu. Demikian dilaporkan Washington Free Beacon.

Ini merupakan yang kedua kalinya sejak 2009 laporan mengenai penyusupan kapal selam Rusia di perairan dekat AS.
 

Penyusupan kapal selam siluman Rusia di Teluk Meksiko itu terjadi ketika pada saat yang sama pesawat pembom strategis Rusia juga menyusup wilayah udara terbatas AS dekat Alaska dan California pada bulan Juni dan Juli. Hal ini dinilai sebagai indikasi peningkatan gesekan militer dengan antara Washington dan Moskow. .

Patroli kapal selam Rusia itu sekaligus membuktikan ketidakmampuan dan kekurangan sistem perang anti-kapal selam AS  yang sedang menghadapi pemangkasan bujet  menyusul rencana pemerintahan Obama. Menurut rencana dana belanja pertahanan akan dipangkas hingga 487.milyar USD selama 10 tahun mendatang.

Angkatan Laut AS bertugas mendeteksi kapal selam, terutama yang bergerak dekat kapal selam rudal nuklir AS, dan menggunakan sensor bawah laut dan satelit untuk mencari dan melacak mereka.

Akan tetapi fakta bahwa kapal selam Akula tersebut tidak terdeteksi di Teluk Meksiko, sangat memremprihatinkan, para pejabat AS.

Para pejabat yang akrab dengan laporan patroli kapal selam di Teluk Meksiko mengatakan kapal itu adalah bertenaga nuklir kelas Akula serangan kapal selam, salah satu kapal selam Rusia paling tenang.


Source: http://giant41.blogspot.com/2012/08/kapal-selam-siluman-rusia-susupi-laut.html
thumbnail
Judul: Kapal Selam Siluman Rusia Susupi Laut AS Tampa Terdeteksi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Berita Umum :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template by Bamz Powered by Blogger