Jika 5 Tanda Ini Ada Padamu, Berarti Kamu Sudah Siap Menikah

pertanda siap menikah

Pernikahan menjadi gerbang utama dari dua orang yang berkomitmen menjalin hubungan jangka panjang. Lamanya orang berpacaran bukan berarti akan berakhir di jenjang pernikahan. Ada banyak cerita orang yang berpacaran bertahun-tahun namun akhirnya kandas juga. Jadi pacaran bukanlah satu-satunya alasan utama untuk menikah.

Tidak sedikit juga teman atau sahabat terdekat yang tanpa melewati proses pacaran lama namun sukses menghalalkan cinta di pelaminan. Mungkin kamu bingung, hal hal apa saja yang bisa menjadi pertimbangan kapan kamu harus menikah? Yuk simak pemaparannya di bawah ini.


1. Mengerti Tujuan Pernikahan


Tujuan pernikahan bukan sekedar saling memiliki, atau mengikat hubungan. Pernikahan adalah sebuah anugerah dari Yang Maha Kuasa. Menjalani hidup berumah tangga adalah babak baru dalam kehidupan seseorang. Jika sebelumnya hanya fokus terhadap diri sendiri, setelah menikah harus saling mengerti pasangan hidup. 

Tujuan pernikahan adalah untuk beribadah. Maka semua aktivitas positif yang terjadi dalam rumah tangga kelak insyaAllah bernilai ibadah jika kamu ikhlas melakukannya. Bekerjasama dalam melewati semua permasalahan yang dihadapi. Saling berbagi beban dan saling bahu membahu menegakkan rumah tangga yang harmonis. Membesarkan Dilanjutkan dengan kewajiban membesarkan anak, mendidik dan membiayai kehidupannya.

Jika kamu sudah mengerti apa itu tujuan pernikahan, bisa jadi... saat ini kamu sudah layak untuk menikah.

2. Sudah Ditanya Orang Tua


Kewajiban orang tua membesarkan anak dan mendidiknya hingga menikahkannya. Jika orang tuamu sudah bertanya perihal kapan kamu akan menikah, itu adalah sebagai salah satu indikator bahwa kamu memang sudah cukup usia dan cukup pemikiran untuk melanjutkan kehidupan kepada jenjang pernikahan.

Ketika orang tua sudah bertanya, tentu saja orang tua tidak serta merta menanyakan perihal itu kepadamu jika dirasa kamu belum layak untuk menikah. Tinggal kemantapan dari diri kamu untuk berani menerima kenyataan bahwa dirimu memang sudah layak untuk berkeluarga.

3. Sudah Berpacaran Lebih dari 1 Tahun


Meskipun pada pembukaan artikel ini dijelaskan bahwa lamanya berpacaran bukanlah acuan pasti untuk seseorang menikah, tapi paling tidak jika hubunganmu sudah lebih dari 1 tahun mestinya harus mulai difikirkan, mau dibawa kemana arahnya?

Jangan sampai pacaran lama tapi tidak ada ujung yang jelas. Jangan sampai membuang waktu dan tenaga untuk tujuan yang tidak pasti. Karena pacaran bukanlah hal yang mudah, ada banyak pengorbanan waktu dan energi yang dikeluarkan untuk menjalaninya.

Coba tanyakan kepada pasanganmu, setelah melewati tahun pertama pacaran apakah ada komitmen untuk serius ke pernikahan atau tidak? Jika tidak, lantas untuk apa 1 waktu tahun yang sudah dilalui bersama ?

4. Ikhlas Menerima Apa Adanya


Menerima orang lain yang sebelumnya bukan siapa-siapa kamu perlu keikhlasan hati untuk menerima semuanya. Jangan hanya mau menerima yang baik-baiknya saja. Setiap kekuranganpun harus mau diterima. 

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Jika kamu terus mencari sosok yang sempurna, maka jangan salahkan jika pada akhirnya kamu merasakan sulit mencari pasangan yang sesuai. Semakin banyak memilih maka akan semakin bimbang hatimu menentukan mana yang terbaik.

5. Usia Kamu Lebih dari 22 Tahun


Lagi-lagi, usia bukanlah patokan kedewasaan seseorang. Namun secara umum usia 22 tahun sudah memasuki usia pra dewasa. Usia dimana seseorang sudah mulai terlihat karakter dirinya. Dan juga, usia 22 tahun adalah usia rata-rata seseorang lulus kuliah sarjana. Artinya, jenjang pendidikan tinggi sudah ditempuh.

Dengan jenjang akademik yang sudah dilewati bisa menjadi bekal bagimu. Sudah saatnya menerapkan ilmu yang selama ini didapatkan di bangku kuliah. Baik itu di dunia kerja maupun di dunia wirausaha. Dengan memasuki jenjang karir, artinya kamu sudah mulai memiliki penghasilan yang nanti kelak menjadi bekal untuk menghidupi keluarga.

Bagaimana? setelah membacanya apakah ke-5 hal diatas ada padamu?

panduan mencari jodoh cepat dan tepat

Artikel Terkait

Jika 5 Tanda Ini Ada Padamu, Berarti Kamu Sudah Siap Menikah
4/ 5
Oleh