Tips Membangun Komunikasi Efektif Sehari-hari dengan Pasangan Anda


Komunikasi efektif itu harus diciptakan, jangan ditunggu atau menunggu. Pastikan bahwa komunikasi butuh inisiatif. Terkadang kita terlalu egois untuk memulai pembicaraan, hanya karena alasan kesibukan. Jangan sampai kesibukan dan rutinitas sehari-hari anda menjadi batu sandungan untuk meluangkan waktu dalam menjalin komunikasi. Banyak kasus pria dan wanita yang putus cinta ditengah jalan karena faktor komunikasi yang tidak lancar. Oleh karena itu membangun komunikasi efektif adalah salah satu kunci keberhasilan membuat hubungan menjadi awet dan tahan lama.

Berikut ini saya akan share tips komunikasi yang akan memberikan inspirasi kepada anda untuk membangun sebuah komunikasi efektif dengan pasangan anda. Dan perlu anda ingat, komunikasi efektif itu bukan seberapa banyak anda menelpon/sms/BBM pasangan anda dalam sehari. Akan tetapi sebebrapa besar kualitas komunikasi yang anda bangun setiap hari.

Komitmen mengenai waktu

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menciptakan komunikasi efektif adalah dengan membuat komitman antara anda dengan pasangan mengenai waktu. Anda pasti bisa sukses menyeimbangkan waktu kerja dan waktu untuk pasangan. Contoh dari komitmen ini adalah, ketika pasangan anda lagi sibuk, anda harus mendukungnya. Bukannya malah misscall atau ping BBM ampe 1000x hanya karena dia belum membalas sms.haha

Komitmen disini dapat juga membicarakan mengenai waktu pertemuan atau couple time anda, misalnya kalau sabtu/minggu kamu berhalangan dan tidak bisa pergi sama pasangan, ganti dengan dinner di hari kerja. Tentu saja dengan menyesuaikan kondisi pada saat itu. Bisa saat pulang kerja atau jam istirahat.

Inisiatif membangun Suasana

Memang tidak ada aturan baku yang menyebutkan kapan kita bisa memulai komunikasi. Tetapi komunikasi bisa berjalan dengan baik jika suasana yang terbangun juga akrab dan hangat. Pecahkan belenggu kekakuan yang ada. Membangun suasana ini dapat anda lakukan hanya dengan mengirimkan sms menanyakan kabar atau mengingatkan pasangan anda untuk makan siang

Sms saat jam 12 siang atau jam istirahat memang suatu hal yang kecil, tapi ini sangat efektif. Karena pasangan anda pun akan menghargai anda yang mau meluangkan waktu 2 menit untuk menyapa padahal anda sedang bekerja. Karena anda juga pasti ga mau kan, saat kerja stress di kantor, atau sibuk dikampus, pas pulang kantor atau kuliah begitu ketemu, ternyata dia lagi BT karena kamu gak sms tadi siang. Nah disinilah pengertian sangat bermain penting dalam menciptakan komunikasi efektif.

Atau jika keadaan sebaliknya, ketika Anda tahu pasangan Anda sedang sibuk? Ya jangan diganggu dulu. Nanti berikan saja sms manis untuk sekedar mengingatkan makan siang. Pahami bahwa pasangan Anda kadang sibuk dan stress di kantor, jangan tambah stressnya dengan complain karena dia tidak sms anda untuk menanyakan kabar.

Hargai waktunya

Anda harus dapat mengargai pasangan yang dapat membagi waktunya untuk Anda. Sambut dgn senyum bukan omelan atau raut muka BT ketika dia pulang dari kantor. Hal ini berlaku untuk pria dan wanita. Pacaran tidak selalu harus seharian kan? Terkadang lunch bareng dengan durasi 1-2 jam aja akan membuat anda dan pasangan merasa happy.

Mana yang harus jadi prioritas? karir dulu/cari pasangan dulu? Keduanya bisa dikerjakan tanpa anda perlu pusing memikirkan yang mana yang harus didahulukan. Saat jam sibuk di kantor, fokuslah terhadap urusan kantor. Jangan malah berlama-lama nelponin si pacar. Lalu saat beres jam kantor, luangkan waktu untuk bersosial, perluas lingkungan, dan hang out bersama pasangan anda. Salah satu faktor penentu keberhasilan membangun komunikasi efektif adalah dengan saling menghargai waktu.

Oke, diatas telah dijelaskan bagaimana cara membangun komunikasi efektif. Mungkin sebagian anda masih ada yang belum paham mengenai tips komunikasi melalui media telepon/sms/BBM/twitter/FB dll. Berikut ini saya akan perjelas tips komunikasi khusus untuk anda.

Tips komunikasi lewat telepon

Saat anda ingin menelepon, pastikan dia tidak berada dalam waktu yang sibuk. Jika dia dalam keadaan sibuk, cobalah untuk mengirimkan pesan singkat. Pada saat anda menelepon, mulailah dengan salam pembuka yang hangat, menunjukkan kasih sayang dan respect anda kepada pasangan. Ambil satu tema ringan, bisa tentang cerita tentang kerjaan anda atau kerjaan pasangan anda.

Ini penting! Durasi menelepon paling lama adalah 30 menit. Kenapa? why? kunaon? kelipun?

Hal ini untuk menghindari anda kehabisan bahan pembicaraan. Lagi pula, agar suasana menelepon tidak menjadi membosankan. Meskipun topik yang anda bahas sedang seru-serunya, saya sarankan anda untuk mengakhiri pembicaraan anda. Dan katakan kepadanya bahwa anda akan meneleponnya kembali untuk melanjutkan pembahasan.

Dengan begini, anda sudah memiliki topik untuk pembicaraan selanjutnya. Lagian.. bukankah sesuatu yang bersambung adalah hal yang seru? sama seperti halnya anda nonton sinetron atau drama seri Korea sampe beberapa episode. Anda pasti akan menanti-nanti episode selanjutnya kan?

Tips komunikasi melalui media textual (SMS/BBM/twitter/fb)

Saat kondisi tidak memungkinkan anda untuk menelepon, anda dapat menggunakan sms atau media pengirim pesan lainnya untuk menyapa pasangan anda. Lalu bagaimana membangun komunikasi efetif melalui pesan singkat?

To the point, jangan banyak basa-basi. Dari namanya aja pesan singkat, jadi anda tidak perlu basa-basi terlalu lebar. Misalnya : "wah udah jam mkn siang nih, km ga lupa lunch kan syg? aku mau makan dikantor nih, mau nyuapin ga?". Setelah anda menerima balasan, anda dapat kembali membalasnya seperti ini "oke deh, met mkn siang ya, jgn lupa brdoa. I miss u :)" dan anda dapat melanjutkan kembali kesibukan anda.

Ini penting, dan harus anda perhatikan!!

Kelemahan megirimkan sms adalah anda tidak dapat melihat atau melakukan kontak emosi secara jelas, karena anda tidak melihat bahasa tubuh, ekspresi lawan bicara. Jadi gunakan emoticon seperti ini [ :) , :D , ^_^ , ^_* \(^_^)/]. Untuk anda pengguna BBM emoticon biasanya sudah terpasang secara otomatis. Jadi ini akan menunjukkan emosi anda saat mengirimkan sms kepada pasangan anda.

Mungkin anda pernah mengalami kesalahpahaman saat membaca sms dari pacar. Misalnya saat jam makan siang, anda mengingatkan dia untuk makan. Lalu dia membalas dengan singkat seperti ini "oke makasih ya". Setelah anda membacanya. mungkin anda mengira bahwa pasangan anda jutek, tidak merasa disambut hangat, bahkan anda merasa dicuekin. Padahal bisa saja karena dia sedang sibuk, jadi terburu-buru saat membalas sms anda.

Sekarang bandingkan dengan sms seperti ini "oke, makasih ya syg :)" Ada kata "syg" dan smiley ":)" anda pasti merasakan emosi lawan bicara anda kan? Jadi, jangan pelit untuk menambahkan smiley atau emoticon lainnya saat anda sms'an atau BBM'an dengan pasangan anda.

Sekian dulu, tak terasa kopi segelas sudah habis menemani saya membuat tips komunikasi efektif ini. Semoga dapat dipahami dan dapat anda praktekkan. Untuk membaca artikel lainnya. Silahkan anda lihat pada daftar isi di pojok kanan atas Blog ini. Semoga bermanfaat.

Your Friend

Onino

Artikel Terkait

Tips Membangun Komunikasi Efektif Sehari-hari dengan Pasangan Anda
4/ 5
Oleh