5 Kebutuhan Cinta Pria dan Wanita

Kebutuhan cinta antara pria dan wanita sekilas memang terlihat sama namun sebenarnya berbeda. Cinta pada dasarnya adalah kebutuhan emosional, sedangkan emosi antara pria dan wanita sangat berbeda. Kaum pria dan wanita masing-masing mempunyai kebutuhan cinta yang khas dan sama-sama penting.

Jika suatu hubungan sering dilanda pertengkaran, ini bisa berarti sebagai indikasi adanya beberapa kebutuhan yang tidak terpenuhi. Sehingga jadi terkesan kedua belah pihak saling menuntut dan merasa saling terabaikan.

Kebutuhan cinta bukan hanya tentang kejujuran, kesetiaan dan status. Namun ada beberapa hal yang lebih khusus lagi yang tak kalah pentingnya bagi pria dan wanita.

Lalu apa saja kebutuhan cinta pria dan wanita?
setidaknya ada 5 kebutuhan cinta yang saya temukan dari berbagai sumber di internet.



1. Wanita membutuhkan Perhatian, Pria membutuhkan Kepercayaan

Saat pria menunjukkan minat terhadap perasaan-perasaan wanita dan menunjukkan kepedulian mendalam akan kesejahteraan wanita itu, si wanita merasa dicinta dan diperhatikan. Dengan membuat si wanita merasa istimewa dengan cara yang penuh cinta, pria itu berhasil memuaskan kebutuhan primernya yang pertama. Tentu saja si wanita makin mempercayainya. Rasa percaya ini membuatnya lebih terbuka dan lebih mudah menerima.

Bila wanita menunjukkan sikap terbuka dan mudah menerima terhadap pria, pria itu merasa dipercaya. Mempercayai pria berarti meyakini bahwa ia melakukan yang terbaik dan bahwa pria tersebut menginginkan yang terbaik bagi pasangannya. Bila reaksi-reaksi si wanita mengungkapkan kepercayaan positif terhadap kemampuan dan niat pria, kebutuhan cinta utama pria itu pun terpuaskan. Otomatis pria itu jadi lebih penuh cinta dan perhatian terhadap perasaan-perasaan dan kebutuhan si wanita.

2. Wanita membutuhkan Pengertian, Pria membutuhkan Penerimaan

Seorang pria yang mau mendengarkan tanpa menghakimi saat wanita sedang mengungkapkan perasaan-perasaannya, wanita itu merasa didengarkan dan dipahami. Sikap penuh pengertian tidak berarti mengetahui pikiran atau perasaan seseorang, melainkan berusaha mengumpulkan makna-makna dari apa yang didengar, dan bergerak untuk membenarkan apa yang disampaikan. Semakin terpenuhi kebutuhan wanita untuk didengarkan dan dimengerti, semakin mudah baginya untuk memberi penerimaan
yang dibutuhkan pasangannya.

Bila wanita dengan penuh cinta menerima pria tanpa berusaha mengubahnya, maka si pria itu merasa diterima. Sikap menerima itu tidak menolak, melainkan menegaskan bahwa pria itu diterima dengan gembira. Ini tidak berarti si wanita yakin pria itu sempurna, melainkan memperlihatkan bahwa ia tidak mencoba memperbaiki pria itu, bahwa ia mempercayai si pria untuk membuat perbaikan-perbaikan sendiri. Setelah merasa diterima, lebih mudah bagi pria untuk mendengarkan dan memberi wanita pemahaman yang dibutuhkan dan layak diterimanya.

3. Wanita membutuhkan pujian, Pria membutuhkan Penghargaan


Wanita merasa dirinya menjadi istimewa dihadapan orang yang dicintainya bila pria memuji dan memberikan perhatian terhadap hal kecil. Ungkapan-ungkapan pujian terhadap fisik nyata. Misalnya dengan memuji penampilannya, sangat penting untuk memuaskan kebutuhan cinta wanita. Karena dengan pujian tersebut akan membuatnya merasa dihormati, jauh lebih mudah baginya untuk memberi suaminya penghargaan yang layak diterimanya.

Bila wanita mengakui telah menerima manfaat dan nilai pribadi dari usaha-usaha dan tingkah laku pria, si pria jadi merasa dihargai. Penghargaan merupakan reaksi alami terhadap pasangan didukung. Setelah merasa dihargai, pria tahu usahanya tidak sia-sia; dengan demikian, ia didorong untuk memberi lebih banyak. Pria yang merasa dihargai secara otomatis lebih bersemangat dan terdorong untuk lebih menghormati pasangannya.

4. Wanita membutuhkan Kesetiaan, Pria membutuhkan Kekaguman

Kebutuhan cinta selanjutnya bagi wanita adalah kesetiaan. Rasa setia yang dimiliki seorang pria merupakan hal sangat penting bagi kebutuhan emosi wanita. Karena dengan adanya penunjukkan rasa kesetiaan yang diberikan seorang pria, akan membuat si wanita merasa spesial dan selalu menjadi yang utama bagi si pria.

Selanjutnya, kebutuhan cinta pria adalah merasakan kekaguman dari si wanita. Mengagumi pria adalah memandangnya dengan penuh kekaguman, rasa senang dan persetujuan yang menyenangkan. Pria merasa dikagumi jika wanita gembira dan takjub akan sifat-sifat khasnya atau bakat-bakatnya yang mungkin mencakup rasa humor, keperkasaan, ketekunan, kejujuran, integritas, kemesraan, kebaikan hati, cinta, pengertian dan sifat-sifat baik lain. Bila pria merasa dikagumi, ia akan melindungi perasaan pasangannya dengan kesetiaan.

5. Wanita perlu Jaminan, Pria perlu Dorongan


Jaminan disini berarti sikap pria untuk meyakinkan si wanita. Bila pria berulang-ulang memperlihatkan bahwa ia memperhatikan, memahami, menghormati, menghargai dan menyayangi pasangannya, kebutuhan utama pasangannya untuk diyakinkan telah terpenuhi. Sikap meyakinkan membuat wanita merasa senantiasa dicintai. Dan ini harus diberikan secara terus-menerus dan berulang.

Demikian juga, pria terutama merasa perlu mendapat dorongan dari wanita. Sikap membesarkan hati dari wanita bisa memberi harapan dan keberanian kepada pria. Wanita dapat mengungkapkan kepercayaan akan kemampuan-kemampuan serta watak si pria. Sikap mengungkapkan kepercayaan, penerimaan, penghargaan, kekaguman dan persetujuan mendorong pria untuk menjadi pribadi yang sebaik-baiknya. Karena merasa berbesar hati, pria terdorong untuk memberi kepada wanita jaminan penuh cinta yang dibutuhkannya.

Dari semua kebutuhan cinta diatas, kita bisa lihat keduanya sama-sama saling menentukan. Disinilah faktor penting dari inisiatif dan kesadaran diri masing-masing untuk memberikan apa yang pasangan butuhkan. Jangan saling menunggu dan saling menuntut namun mulailah untuk saling memberi dan saling mengerti. Semoga setelah anda membaca 5 Kebutuhan Cinta Pria dan Wanita diatas akan membuat hubungan anda menjadi lebih harmonis.
panduan mencari jodoh cepat dan tepat

Artikel Terkait

5 Kebutuhan Cinta Pria dan Wanita
4/ 5
Oleh