Dari 7 Jenis Cinta Ini, Kamu Termasuk yang Mana?


 
 
Cinta memang mudah untuk diucapkan, tapi tidak mudah untuk memahami makna sesungguhnya, apalagi mengamalkanya. Misal, tidak sedikit orang yang menikah katanya karena cinta, tetapi berujung dengan konflik akut dan perceraian.

Salah satu penemuan arti dan komponen cinta dipelopori oleh Robert Sternberg. Robert Jeffrey Sternberg (62 thn) adalah seorang psikolog Amerika di Oklahoma State University. Dia pernah menjadi Presiden American Psychological Association. Sternberg memiliki PhD dari Stanford University. Dia memegang sepuluh gelar doktor kehormatan dan profesor kehormatan di University of Heidelberg di Jerman. Saat ini bekerja di Universitas Cambridge.

Menurut Sternberg cinta mempunyai tiga sisi. Berikut adalah penjelasannya.
Pertama, Intimasi. Intimasi adalah aspek emosi dari cinta. Intimasi pada awal hubungan tumbuh dengan baik, tapi kalau tidak dirawat bisa menurun ke titik nol. Bila relasi dan komunikasi tidak bertumbuh dengan baik intimasi menjadi mati.

Kedua, Passion atau gairah. Ini adalah sisi motivasi dari segitiga cinta itu. Sisi gairah ini punya peranan penting bagi perkembangan fisiologis dan keinginan yang kuat untuk bersatu dengan yang dicintai. Pada mulanya passion bertumbuh cepat dan sangat kuat, sampai tidak lama kemudian passion ini jadi kebiasaan. 

Passion punya segi motivasi yang berkekuatan positif. Inilah yang memikat anda kepada seseorang. Ini cepat berkembang dan bisa juga cepat mati. Sisi negatifnya adalah jika hubungan sudah saling menyakitkan maka daya tarik tadi lama kelamaan memudar.

Ketiga, sisi komitmen. Ini merupakan sisi kognitif dari cinta. Komitmen adalah tekad untuk memelihara cinta. Komitmen ini bertumbuh mulai dari taraf nol saat pertama kali bertemu dengan yang dicintai, dan bertumbuh ketika semakin saling mengenal satu dengan lainnya. Kuncinya saling mengenal dan menghargai. Bila relasi melemah maka komitmen juga cenderung melemah.
 
Jenis-jenis Cinta
Perubahan-perubahan ketiga sisi segi tiga itu menghasilkan sedikitnya 8 pola atau kombinasi hubungan cinta.

1. Non-love. Di sini ketiga unsur, baik intimacy, passion maupun commitment tidak hadir.

2. Liking. Segitiga ini hanya ada unsur intimasi.

3. Infatuated love. Yang ada dalam segitiga ini hanya passion. Inimasi dan komitmen tidak hadir.

4. Empty love. Yang ada di sini hanya commitment. Unsur passion dan intimacy tidak hadir.

5. Romantic love. Di sini terdapat kombinasi intimasi dan gairah, namun tanpa komitmen.

6. Fatuous love. Ada komitmen dan gairah tapi tanpa intimasi.

7. Companionate love. Ada unsur intimasi dan komitmen tapi tanpa gairah.

sumber: http://muda.kompasiana.com/2011/12/29/9-jenis-cinta/

Artikel Terkait

Dari 7 Jenis Cinta Ini, Kamu Termasuk yang Mana?
4/ 5
Oleh