Ini 5 Tips Driver Go-Car Banjir Order Setiap Hari

Menjajal menjadi driver online memberikan pengalaman yang mengesankan. Bukan saja sebatas berapa banyak uang yang dihasilkan per hari, tapi juga mulai dari proses pendaftaran sampai dengan mempelajari cara aplikasi bekerja. Saya memilih pertama kali sebagai driver untuk Go-Car di Kota Bandung.

Terlepas dari pro dan kontra mengenai taksi online, saya mencoba mendaftar karena tertantang untuk mengisi waktu luang di setiap akhir pekan. Dan juga ingin membuktikan berbagai kisah sukses driver online yang berpenghasilan jutaan rupiah per hari. Oiyaa pendaftaran nya gratis, tanpa dipungut biaya. Jadi bagi yang belum tahu, tidak perlu khawatir mau daftar sekalipun sedang tidak punya uang.

Hari pertama jadi driver online, saya gak dapet penumpang sama sekali. Sempet agak kecewa juga, tapi saya tidak langsung putus asa. Ternyata setelah saya diberi tahu tips-tips oleh teman, baru deh pas hari ketiga bisa dapet sampai 8 orderan.

Pokoknya saya akan share di artikel ini semua tips-tipsnya yaaa. Sebelum membahas tips cara mendapatkan banyak penumpang Go-Car, mungkin masih ada yang belum tahu cara daftar Go-Car online. Yuk simak dulu...

Cara Daftar Go-Car Online


Dengan modal informasi yang saya dapatkan dari internet, mulailah mempersiapkan segala persyaratan dokumen yang diperlukan. Saya mendaftar melalui online dengan mengupload scan dokumen, seperti:

1. KTP
2. STNK
3. SIM A
4. SKCK

Bagi yang KTP bukan penduduk asli, bisa melampirkan surat keterangan domisili dari RT dan RW kota setempat. Kemudian untuk point 4, mendapatkan SKCK bisa melalui polres atau polsek terdekat yang sesuai dengan alamat KTP.

Jika dokumen yang dibutuhkan sudah tersedia, jangan lupa scan terlebih dahulu. Lalu mulai deh daftar secara online.

Kunjungi halaman pendaftaran resmi Go-Car https://daftar.go-car.co.id/

Lalu isi semua kolom yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini (klik gambar untuk mempejelas)


Pada Kolom Nama Depan dan Belakang isi sesuai nama yang tertera pada KTP yaaa
Untuk kolom ID GMAIL itu isi dengan email gmail. Ingat harus gmail bukan yahoo atau layanan email lain.

Masukkan no Hp, usahakan nomor yang aktif internetnya agar memudahkan proses verifikasi.

Pada kolom kode referensi isi dengan 801ce4

Dan terakhir, centang kotak kecil bahwa kita setuju dengan syarat dan ketentuan dari pihak Go-Car

Lalu akan muncul halaman seperti di bawah ini:



Akan terkirim sms verifikasi yang mengirimkan kode OTP ke nomor Hp yang kita daftarkan tadi. Cek inbox, lalu masukkan 4 digit kodenya. Harus segera dimasukkan karena masa kadaluarsa kode hanya 3 menit. Lebih dari itu harus diulang pengiriman kode OTP nya.

Fungsi verifikasi nomor Hp ini untuk memastikan bahwa kita benar pemilik nomor Hp yang didaftarkan.

SMS Undangan Datang ke Kantor

Setelah proses pendaftaran selesai, tinggal menunggu balasan sms dari Go-Car. Biasanya isi balasan berupa undangan untuk datang langsung ke kantor Go-Car di kota kita disertai dengan keterangan membawa dokumen-dokumen asli yang dibutuhkan. (KTP, KK, STNK, Pajak tahunan, SIM A, SKCK) semua dokumen asli yaah bukan fotokopian. Ini adalah proses aktivasi akun Go-Car, jadi jangan lupa membawa Hp yang ada kuota internetnya yaa. Nanti akan langsung di install dan dibantu aktivasi oleh CS.

Di kantor Go-Jek akan dilakukan input data oleh admin. Pada saat proses aktivasi sebaiknya datang pagi-pagi, karena pengalaman saya waktu di Bandung antrian panjang banget, dan juga jangan lupa memakai sepatu, yang pakai sandal dilarang masuk.

Jika data sudah berhasil diaktivasi, itu artinya akun Go-Car sudah aktif dan kita sudah bisa mangkal nyari penumpang.

Tips Driver Go-Car Banjir Order Penumpang Setiap Hari


Akun Go-Car sudah aktif, sekarang saatnya mempelajari bagaimana caranya mendapatkan banyak penumpang setiap harinya. Pastinya ada trik khusus yang harus kita persiapkan, jangan asal ngaspal yaa (Ngaspal istilah para driver online kalau sedang berkeliaran mencari penumpang) .

Mari kita bahas secara tuntas 5 Tips Driver Go-Car Banjir Order disini.

1. Mindset Service Excellent

Menjadi driver Go-Car pada intinya adalah menjual jasa (pelayanan). Mindset ini benar-benar harus dipahami oleh setiap driver taxi online. Menjual jasa berbeda dengan menjual produk, saat menjual jasa kita harus betul-betul memperhatikan pelayanan. Berikan pelayanan terbaik yang kita bisa kepada penumpang.

Salah satunya adalah penampilan. Jangan lupa mandi dulu sebelum mangkal nyari penumpang yaa. Pastikan aroma tubuh kita minimal tidak berbau, dan sebaiknya sih wangi. Tapi jangan juga terlalu banyak pake parfum, khawatir ada penumpang yang tidak suka dengan aroma wangi menyengat.

Jangan pelit senyum, toh cuma senyum doang modalnya gak pake uang tapi cukup pake otot pipi. Haha

Semakin baik pelayanan kita, semakin membuat pelanggan puas dan bukan tidak mungkin akan memberikan rating bintang 5. Semakin banyak penumpang yang memberikan rating bintang 5 maka semakin baik reputasi kita.

2. Persiapan Sebelum Ngaspal.


  • Pastikan mobil bersih dan tidak bau menyengat
  • Siapkan uang receh untuk kembalian (seribuan, dua ribuan, lima ribuan, sepuluh ribuan)
  • Siapkan uang logam 500 untuk pak ogah di jalan.
  • Sediakan tisu di dalam mobil
  • Sediakan payung
  • Isi bensin, jangan sampai ngaspal tapi bensin minim
  • Pasang charger mobil
  • Bawa powerbank dan kabel data
  • Bawa air minum dan makanan secukupnya. Lumayan ngirit bro!


3. Tips Memilih Tempat dan Waktu Mangkal


Pagi hari adalah waktu kebanyakan orang memulai aktivitas. Berangkat sekolah, ke kampus atau ke kantor. Kita bisa memulai start pukul 05.30 mangkal di perumahan-perumahan yang sekiranya kelas menangah keatas.

Sebaiknya perhatikan lagi persiapan sebelum ngaspal. Jangan sampai setelah membawa penumpang kita meminta ijin untuk isi bensin. Orang-orang yang pagi hari berangkat dari rumah ingin cepat sampai tujuan.

Mulai membuat catatan perumahan-perumahan mana saja yang akan kita jadikan tempat mangkal pagi hari.

Siang hari kita bisa mangkal di sekolah-sekolah. Menunggu pesanan dari siswa yang pulang sekolah sekitar jam 13.00 sampai jam 14.00. Jam-jam ini memang tidak terlalu banyak order, akan tetapi kita bisa memanfaatkan waktu untuk memperbanyak jumlah trip.

Sedangkan pada jam sore hari sekitar pukul 16.00 sampai pukul 18.00 kita bisa memilih mangkal di lokasi perkantoran. Cari daerah mana di kota kita yang disekitarnya terdapat gedung perkantoran. Orang-orang yang bekerja di bank memiliki potensi order lebih besar menggunakan taksi online sebagai sarana transportasi.

Lalu memasuki akhir pekan, pada paginya di hari sabtu kita bisa mangkal di pemukiman-pemukiman yang ramai penduduknya. Banyak orang yang ingin mengisi kegiatan hari sabtu dengan berkunjung ke mall atau tempat wisata sekitar kota. Dan pada hari minggu pagi, umat kristiani biasanya mendatangi gereja-gereja untuk beribadah. Kita bisa memilih mangkal di lokasi yang kiranya banyak dihuni umat kristiani.

4. Service Tambahan


Karena menjadi driver pada dasarnya adalah menjual jasa, maka menyediakan service tambahan adalah faktor penting untuk kepuasan penumpang. Apa saja service tambahan yang bisa kita berikan?

  • Air minum gelas kemasan
  • Majalah atau koran
  • Tisue
  • Slot charger Hp
Menyediakan service tambahan bisa menjadi penyebab bagi kita mendapatkan rating bintang lima. Bintang adalah cara bagi penumpang dalam memberikan review atas pekerjaan yang kita lakukan sebagai driver. Semakin banyak orang yang memberikan bintang 5 maka semakin baik kinerja kita. Dan seringnya pihak aplikator memberikan reward tambahan sebagai driver terbaik.

5. Perbanyak Trip Kejar Poin


Khusus untuk driver Go-Car di kota Bandung ada reward perharinya yang bisa kita dapatkan. Berikut ini beberapa bonus yang bisa menjadi motivasi bagi kita. Ketentuan bonus ini berlaku saat artikel ini ditulis (mungkin bisa berubah)

Skema Bonus Go-Car Bandung


Senin s/d jumat

6 point = Rp. 80.000
10 point = Rp. 100.000
14 point = Rp. 130.000
17 point = Rp. 90.000

Total perhari = Rp. 400.000

Sabtu s/d minggu

5 point = Rp. 80.000
9 point = Rp. 100.000
13 point = Rp. 130.000
16 point = Rp. 90.000

Total maksimal bonus perhari = Rp. 400.000

Keterangan: 1 poin = 1 trip

Dengan melihat skema diatas, berarti semakin banyak trip semakin besar peluang kita mendapatkan penghasilan harian. Lebih baik banyak trip meski tarif murah, daripada sedikit trip dengan tarif mahal, karena perjalanan jauh lebih melelahkan.

Menjadi Driver Bukanlah Pekerjaan Utama


Sebaiknya jangan menggantungkan mata pencaharian menjadi driver online. Pekerjaan ini akan lebih baik dijadikan usaha sampingan di waktu luang. Karena kita tidak tahu masa depan profesi ini, terlebih lagi berkaitan dengan regulasi pemerintah ataupun dari penyedia aplikasi.

Beberapa waktu yang lalu ramai sekali isu peraturan pemerintah yang ditolak oleh para driver online dikarenakan aturan tersebut merugikan pihak driver. Belum lagi dengan adanya oknum-oknum driver yang menyalahgunakan profesi ini. Bisa merusak reputasi driver-driver lain yang bekerja secara jujur dan tulus.

Kita bisa tetap melakukan pekerjaan lain selain driver online. Seperti membuka toko online, atau menjalankan bisnis jualan kecil-kecilan dengan mengumpulkan modal hasil dari menjadi taksi online.

Kesimpulan


Menjadi driver adalah bisnis jasa yang bisa kita jalankan sebagai jalan mendapatkan penghasilan tambahan. Namun sebaiknya jangan sampai menggantungkan mata pencaharian sebelum ada peraturan pasti dari pemerintah. Dan setelah ada peraturan pun harus dikaji lagi, masih layakkah kita menjadi driver online atau tidak.

Sekian tulisan  5 Tips Driver Go-Car Banjir Order Setiap Hari, semoga memberikan informasi jelas bagi Anda pembaca artikel ini. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar yaaa...


grup telegram mencari jodoh cepat dan tepat

Artikel Terkait

Ini 5 Tips Driver Go-Car Banjir Order Setiap Hari
4/ 5
Oleh