Melawan Kejenuhan dan Membangkitkan Motivasi


Semua orang sering mengalami ini, betapapun sempurnanya kehidupan anda. Kejenuhan kerap kali datang kepada kita. Dan celakanya jika ini tidak diatasi akan berdampak fatal terhadap kebahagiaan hidup kita.

Psikolog bernama Mihaly Csikszentmihalyi menulis buku berjudul FLOW. Flow adalah kondisi dimana seseorang mengalami semangat positif penuh motivasi, yang menyebabkan semua yang ia kerjakan berhasil dengan cepat dan mudah.

Pernahkah anda merasakan FLOW? Yaitu saat dimana apapun yang anda lakukan tampak mudah dan lancar tanpa usaha yang berlebihan? Untuk keluar dari kejenuhan dan kembali termotivasi, anda harus masuk ke zona FLOW.

Untuk masuk ke zona Flow, anda perlu 2 hal, yaitu KEBAHAGIAAN dan TANTANGAN.
MENGAPA HARUS BAHAGIA?


Karena jika anda stress, zat kimia yang dibutuhkan otak untuk menghasilkan “hormon semangat” akan terhambat. Namun jika anda bahagia, otak anda akan lebih cerdas, lebih cepat memproses data, dan lebih terfokus untuk mengeluarkan ide agar anda segera mendapatkan hasil. Itulah sebabnya mengapa penyakit dapat lebih cepat sembuh saat anda bahagia.

Lalu bagaimana caranya kita bisa bahagia jika keadaan kita buruk? Teruskanlah membaca agar anda mengetahuinya.

Point pertama yang harus kita lakukan adalah BERSYUKUR.

Cara agar anda dapat bersyukur adalah dengan membandingkan keadaan buruk anda dengan keadaan orang lain yang lebih buruk dari keadaan anda sekarang. Contohnya jika menyesali nasib anda yang sedang sakit parah, bandingkan nasib anda dengan nasib orang-orang yang memiliki penyakit yang lebih parah dari anda. Maka SECARA INSTAN anda akan merasa bersyukur dan BAHAGIA dengan kondisi anda sekarang.

Lalu setelah anda dapat BERSYUKUR, maka KEBAHAGIAAN akan datang kepada anda. Dan jika anda BAHAGIA, maka anda masuk ke zona Flow dan memiliki MOTIVASI yang akan mempercepat proses pemulihan rasa jenuh anda.

INGAT: Syukuri apapun kondisi anda saat ini untuk dapat BAHAGIA.

Lalu bagaimana dengan TANTANGAN? Mengapa untuk dapat termotivasi anda juga perlu tantangan setelah kebahagiaan?

Jadi begini, otak anda terprogram untuk merasakan sensasi motivasi saat anda tertantang, bukan saat anda mendapatkan sesuatu.

Saya ulangi:

OTAK ANDA TERPROGRAM UNTUK MERASAKAN SENSASI MOTIVASI SAAT ANDA TERTANTANG, BUKAN SAAT ANDA MENDAPATKAN SESUATU.

Masih belum paham, saya akan jelaskan dan anda harus tetap lanjutkan membaca sampai akhir.

Sekarang coba ingat-ingat saat dimana anda benar-benar menginginkan sesuatu. Misalnya menginginkan mobil Toyota Fortuner terbaru. Saat proses mewujudkan keinginan itu, anda tentu memiliki semangat tinggi untuk mendapatkannya bukan? Bekerja lebih keras, rajin menabung, dan menghemat pengeluaran bulanan anda.

Namun saat anda SUDAH MERAIHNYA, anda merasa biasa saja bahkan merasa jenuh.

Jadi, sekarang kita tahu bahwa SUMBER MOTIVASI terdapat pada TANTANGAN, bukan HASIL.
Jika anda merasa jenuh, tantanglah diri anda dengan sebuah dan segeralah masuk kedalam proses nya. Dengan begitu anda akan merasakan SENSASI MOTIVASI, ditambah dengan PENCAPAIAN TARGET yang akan segera anda raih karena anda SEMANGAT menjalankan prosesnya.

Luar biasa bukan?

Jadi INGAT:
Saat anda jenuh dan ingin termotivasi, masuklah ke zona Flow dengan menjadi BAHAGIA dan memberikan diri anda TANTANGAN.

Lalu bagaimana jika kita aplikasikan konsep diatas untuk mengatasi kejenuhan dalam menjalani hubungan dengan pacar anda? Tunggu artikel berikutnya.
panduan mencari jodoh cepat dan tepat

Artikel Terkait

Melawan Kejenuhan dan Membangkitkan Motivasi
4/ 5
Oleh