4 Langkah Ketika Orang Tua Tidak Menyetujui Rencana Pernikahan


Lika-liku cinta bukan hanya terletak pada perbedaan masing-masing pasangan. Terkadang saat keduanya merasa saling cocok dan berniat untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan, kendala datang justru dari orang tua sendiri. Hubungan Anda dengan sang kekasih pilihan hati tidak disetujui oleh orang tua Anda saat akan menikah.

Pada dasarnya yang hanya mampu membolak-balikkan hati adalah Allah. jadi ketika kita memiliki permintaan kenapa tidak memintanya kepada Allah. kita menyandarkan hasil akhir kepada Allah. dan salah satu usaha adalah meminta kepada Allah agar membalikkan hati yang keras. Berikut ini adalah 4 Langkah Ketika Orang Tua Tidak Menyetujui Rencana Pernikahan

1. Tunjukkan Sikap Tegar
Jangan tampakkan rasa kecewa anda kepada ibu anda yang masih menolak niat baik anda. cobalah tampakkan kesabaran anda menghadapi ketidaksetujuan ini. Jangan melakukan tindakan-tindakan yang akan menimbulkan masalah baru. Fokuslah dengan usaha Anda untuk meyakinkan kedua orang tua.
 
2. Berikan Pengertian
Cari waktu yang tepat, jangan takut untuk berbicara jika Anda yakin tujuan Anda adalah mulia. Pernikahan adalah sunnah rosul, dan didalamnya terdapat hakekat-hakekat kemuliaan bagi yang menikah.
Teruslah mencoba untuk memberikan pengertian kepada ibu anda tentang pilihan anda bahwa saat akan menikah memilih calon tidak hanya dipandang dari tampilan dan luaran saja. tapi hati dan agama. sebagaimana yang disarankan Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam :

"Wanita dinikahi karena 4 hal : karena hartanya, karena kedudukannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. pilihlah wanita karena agamanya maka kamu akan beruntung." (HR Bukhori)

3. Kosisten dan Bersabar 
Saat Anda sudah memberi penjelasan dan pengertian namun kedua orang tua masih belum bisa mengijinkan Anda menikah, teruslah berusaha dan bersabar. Bicarakan kembali di lain waktu, untuk mengutarakan maksud dan rencana mulia Anda. Ingat, menikahkah anak adalah kewajiban orang tua. Jadi, Anda tidak perlu takut memperjuangkan niat Anda.

Sabar lebih baik dari pada buru-buru. Seperti kaedah umum mengatakan "barang siapa yang terburu-buru akan sesuatu, maka dia diharamkan dari mendapatkannya." laki-laki memang tidak membutuhkan wali untuk menikah. tapi restu dari orang tua Anda ataupun orang tua calon Anda sangatlah berarti bagi masa depan keluarga. Karena kehidupan setelah pernikahan itu tidak sesingkat perkenalan sebelum menikah.

4. Berdoa
Jangan bosan untuk senantiasa berdoa agar Allah melancarkan niat baik anda. Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan atas segala urusan kita. 

sumber: http://tanya.artikelislami.com/2010/11/tips-menikah-ketika-ibu-tidak-setuju.html

Artikel Terkait

4 Langkah Ketika Orang Tua Tidak Menyetujui Rencana Pernikahan
4/ 5
Oleh