9 Tips Menjaga Kebugaran Saat Berpuasa

menjaga kebugaran tubuh saat puasa

Bulan Ramadhan mewajibikan seluruh umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa. Secara lahiriyah, pengertian puasa adalah menahan hawa nafsu, menahan lapar dan dahaga. Bagi sebagian orang, berpuasa akan mendatangkan banyak manfaat baik dalam sudut pandang ibadah maupun sudut pandang kesehatan. Akan tetapi ada segelintir orang yang beranggapan bahwa ibadah puasa adalah ibadah yang sangat berat. Padahal hal tersebut tidaklah benar jika kita menjalani ibadah secara ikhlas berdasarkan panggilan hati karena perintah-Nya.

Saat menjalankan ibadah puasa, bukan berarti kita berhenti menjalankan aktivitas sehari-hari dengan alasan menjaga stamina agar kuat sampai tiba saatya berbuka puasa. Untuk Anda yang ingin menjalankan ibadah puasa namun tetap segar bugar, berikut ini adalah 9 tips menjaga kebugaran saat berpuasa yang patut untuk Anda coba.

1. Sebelum mulai berpuasa, ada baiknya untuk mengonsultasikan kesehatan Anda dengan dokter. Tanyakan mengenai pola makan, waktu yang tepat untuk meminum obat atau multivitamin dan juga jenis olahraga yang boleh dilakukan selama berpuasa.

2. Peran sahur saat berpuasa sangatlah penting. Menu yang dimakan bisa memengaruhi kerja tubuh Anda selama seharian penuh. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah karena bantu menahan kenyang lebih dari 6 jam. Protein, buah, sayur serta air putih yang cukup juga bantu menjaga stamina Anda selama puasa.

3. Hindari mengonsumsi makanan berminyak. Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang hari.

4. Ketika udara semakin panas dan terik, usahakan untuk beraktivitas di dalam ruangan yang dingin atau tempat teduh. Batasi pula aktivitas fisik agar Anda tidak mudah lelah.

5. Berbuka puasa dengan makan secukupnya. Langsung memakan banyak makanan hanya akan membuat perut terasa sesak akibat lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap, mulai dari air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, dan selang minimal setengah atau satu jam baru makan besar.

6. Banyak orang yang keliru mengartikan maksud dari 'berbuka dengan yang manis'. Mengonsumsi makanan atau minuman manis memang baik dilakukan pada saat buka puasa, agar dapat segera memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Tapi yang keliru adalah porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi terlalu banyak, apalagi jika rasa manis tersebut terbuat dari gula.

7. Pada saat makan malam, pastikan untuk tidak makan terlalu banyak untuk mencegah obesitas. Selain itu, hindari meminum kopi dan soda karena bisa buat Anda sulit tidur dan menimbun banyak lemak. Ganti kedua minuman tersebut dengan air mineral dan jus buah.

8. Lakukan olahraga ringan saat malam hari. Misalnya dengan berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit setelah makan malam.

9. Selain memerhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting. Mengantuk selama puasa bukanlah disebabkan karena tak makan dan minum seharian, melainkan karena tak memiliki waktu tidur yang cukup. Jika harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka pada malam harinya Anda tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

panduan mencari jodoh cepat dan tepat

Artikel Terkait

9 Tips Menjaga Kebugaran Saat Berpuasa
4/ 5
Oleh